Perkembangan dan Faktor pendukung bisnis Startup di Indonesia


Perkembangan bisnis Startup di Indonesia


Saat ini perkembangan bisnis Startup di Indonesia semakin pesat. Ada banyak sekali founder startup baru yang bermunculan setiap bulannya di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang menggunakan internet sehari-hari yang semakin meningkat. Setiap tahunnya pengguna internet di Indonesia memang semakin meningkat seiring dengan perkembanga teknologi yang sangat pesat. Bisa dilihat dari banyaknya founder atau pemilik bisnis Startup yang terus bermunculan setiap tahun.




Ditilik dari berbagai bisnis Startup yang berkembang, bisnis ini bisa dibedakan menjadi 3 jenis bisnis Startup yaitu :
 
  •       Startup aplikasi edukasi
  •      Startup pencipta game
  •     Startup perdagangan
Dari ketiga jenis bisnis Startup di atas, Startup aplikasi edukasi dan Startup pencipta game paling banyak foundernya di Indonesia. Hal ini dikarenakan pembuatan aplikasi untuk game dan edukasi terbilang mudah serta pasar bisnis Startup ini sangatlah besar. Dapat dilihat juga bagaimana di Indonesia saat ini banyak sekali anak – anak muda yang memiliki hak paten dari aplikasi ciptaan mereka yang kemudian menjadi sebuah ladang bisnis.


Faktor pendukung berkembangnya bisnis Startup
Setiap bisnis pasti memiliki faktor – faktor yang mendukung keberlangsungan bisnis tersebut. Seperti halnya bisnis Startup ini yang semakin berkembang karena didukung oleh:

  1. Potensi pasar masyarakat Indonesia yang besar. Dengan jumlah penduduk yang banyak maka Indonesia tidak hanya menjadi pangsa pasar yang besar bagi bisnis dalam negeri, bahkan bagi bisnis luar negeri juga.
  2. Masyarakat Indonesia yang mulai melek teknologi. Dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan teknologi internet maka semakin besar pula peluang bisnis Startup ini dikenal dan makin berkembangan.
  3. Kualitas tim founder bisnis Startup yang keratif, penuh ide orisinil dan juga solid sehingga bisa membuat kreativitas produk baru untuk ditawarkan kepada masyarakat.
  4. Adanya dukungan pemerintah dan juga investor – investor besar yang dapat memberikan bantuan dana untuk pengembangan bisnis Startup tersebut.
 
 
Semoga bermanfaat...!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kunci Kesuksesan Bisnis StartUp

Apa Itu StartUp ?